Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Wednesday, November 2, 2011

Kamus Istilah IT


Mengenal Istilah Internet dan Komputer
Terkadang kita dibuat pusing ketika berbicara tentang sesuatu yang berhubungan dengan dunia internet dan komputer, apalagi yang sudah berhubungan dengan kepanjangan dalam bahasa inggris, kita seringkali mengambil solusi untuk berucap lupa ketimbang mencari apa sebenarnya devinisi dan kepanjangan dari istilah tadi, berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul yang saya dapatkan dari  erbagai sumber:

"Tips : untuk mencari istilah yang diinginkan tekan Control + F, lalu masukan istilah yang dicari"

Active-X
Teknologi software yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan kemampuan/isi yang terprogram dapat disampaikan ke komputer berbasis Windows menggunakan jalur World Wide Web.

Address
Pengidentifikasi untuk semua dokumen, file, gambar, maupun orang di internet.
ADN -- (Advanced Digital Network) Biasanya mengacu pada akses internet menggunakan 56Kbps leased-line. ADSL -- (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Sebuah saluran DSL dimana proses Upload dan Download memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Biasanya kecepatan download lebih tinggi.

Agent
Program yang digunakan untuk membaca pesan pada NewsGroup. Istilah ini digunakan juga untuk menyebutkan nama browser web. Anonymous FTP File transfer protocol tanpa ada authorisasi username dan password.

Apache
Suatu web server open-source yang saat ini paling banyak digunakan pada server-server internet. Dapat berjalan pada sistem operasi UNIX, Linux, BSD, dan Windows.

Applet
Program Java kecil yang dapat ditempelkan pada halaman HTML. Applets berbeda dari full-fledged Java applications, tidak diizinkan mangakses beberapa resources pada local computer, seperti file-file dan perkakas serial (modem, printer, dll.), dan dilarang berkomunikasi dengan komputer-komputer dalam suatu jaringan. Aturan umumnya adalah bahwa sebuah applet hanya dapat melakukan koneksi internet ke suatu komputer yang telah terkirimi applet.

Application Server
Software pada server yang mengatur satu atau lebih bagian-bagian lain dari software dengan satu cara agar software yang termanage dapat tersedia untuk suatu jaringan, biasanya ke Web server. Dengan memiliki bagian dari software ter-manage, bagian dari suatu software mengatur paket-paket software lain yang memungkinkan penggunaan sumber-sumber seperti memori dan akses database lebih efisien dibandingkan bila masing-masing melakukan akses langsung.

Archie
Sebuah tool atau software untuk menemukan file-file yang tersimpan pada situs-penyedia Anonymous FTP Harus diketahui nama asli file atau substringnya. Pada tahun 1999, Archie secara penuh digantikan oleh search engine berbasis web.

ARPANet -- (Advanced Research Projects Agency Network)
Pelopor dari Internet. Dikembangkan pada akhir tahun 60-an dan permulaan 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika sebagai percobaan untuk WAN ( wide-area-networking) untuk menghubungkan secara bersama komputer-komputer yang berjalan pada sistem-sistem yang berbeda sehingga orang pada suatu tempat dapat menggunakan sumber-sumber komputer dari lokasi yang berbeda.

ASCII -- (American Standard Code for Information Interchange)
Merupakan standardisasi global berupa kode-kode nomor yang digunakan oleh komputer untuk merepresentasikan semua hutuf Latin kecil/besar, angka-angka,tanda baca, dll. Ada 128 standard kode ASCII yang dapat direpresentasikan oleh 7 digit bilangan biner: 0000000 sampai 1111111.

ASP (Active Server Pages)
Bahasa script pada Microsoft NT yang memungkinkan seseorang untuk mendesain halaman web yang dapat ditampilkan, dimanipulasi, dan editing database secara cepat. Biasanya dicampurkan dengan kode HTML, _VBScript, _JScript ASP-Compatible sehingga web server dapat mengeksekusi script tersebut. ASP didistribusikan dengan web server Microsoft IIS. ASP.NET merupakan versi terbaru dari ASP.

Attachment
File yang dikirim/ dilampirkan pada email, biasanya berupa gambar, teks, dan program kecil. File di-encode pada saat dikirim dan didecodep ada saat diterima.

Audio/ Video Streaming
Proses menyediakan audio dan video klip dengan sarana web.
Backbone
Sebuah saluran berkecepatan tinggi atau koneksi seri yang membentuk jalur-jalur kecil secara mayor dalam suatu jaringan. Syarat hubungannya relatif, dimana sebuah backbone pada suatu jaringan kecil seolah-olah jauh lebih kecil dibandingkan kebanyakan jalurjalur non-backbone pada suatu jaringan besar

Bandwidth
Seberapa besar jumlah data/paket yang terkirim melalui sebuah koneksi. Biasanya diukur dalam bits-per-second. Sebagai contoh:
sebuah halaman penuh teks setara dengan 16,000 bit. Sebuah modem berkecepatan standard dapat mengirim/menerima paket data sekitar 57,000 bit dalam 1 detik. Bandwidth yang besar sangat dibutuhkan untuk keperluan yang lebih kompleks, misalnya: Video/Audio Streaming.

Baud
Biasanya penggunaan baud rate dari sebuah modem adalah seberapa banyak bit yang dapat dikirimkan/diterimanya setiap detik. Secara teknis, baud adalah banyaknya siklus per detik dimana sinyal pembawa (carrier) menggeser/mengubah nilai, contoh: modem 1200 bit-per-second sebenarnya bergerak pada 300 baud, 4 bit per baud (4 x 300= 1200 bits per second).

BBS -- (Bulletin Board System)
Sistem pertemuan/ pengumuman berbasis komputer yang memperbolehkan orang terlibat dalam suatu diskusi, upload dan download file-file, dan membuat pengumuman-pengumuman tanpa harus terhubung ke komputer pada saat yang sama. Pada permulaan 90-an terdapat jutaan BBS di seluruh dunia, kebanyakan berskala kecil, dengan komputer dan jalur telepon yang minim. Beberapa
diantaranya sangat besar seperti AOL.

Binary
Informasi yang terdiri dari bilangan 1 dan 0. Biasanya digunakan utnuk menunjukkan file-file yang bukan teks standard, misalnya
gambar.

Binhex -- (BINary HEXadecimal)
Sebuah metode konversi file-file bukan teks (non-ASCII) ke ASCII. Hal ini dibutuhkan karena e-mail hanya dapat menangani ASCII.

Bit -- (Binary DigIT)
Angka tunggal berbasis-2, dengan kata lain angka 1 atau 0. Merupakan unit terkecil dari data terkomputerisasi.

Bitmap (atau BMP)
Gambar grafik yang diubah dari pixel ke bit, digunakan pada Microsoft Windows.
BITNET -- (Because It’s Time NETwork (or Because It’s There NETwork)) Sebuah jaringan situs-situs pendidikan yang terpisah satu dengan lainnya, tetapi e-mail secara bebas dipertukarkan antara BITNET dan Internet. Listservs®, bentuk populer dari e-mail group BITNET. Pada puncak kejayaannya (akhir 1980 dan permulaan 1990) mesin-mesin BITNET biasanya berupa mainframe, sering diaplikasikan pada sistem operasi IBM’s MVS.

Blog -- (weB LOG)
Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas pengupdate-an sebuah blog disebut "blogging" dan orang yang mengelola/memelihara sebuah blog disebut "blogger." Blog-blog di-update secara periodik menggunakan software yang memungkinkan seseorang dengan kemampuan teknis terbatas dapat meng-update dan memelihara blog.

Bookmarks
Daftar situs favorit/ yang sering dikunjungi, didesain agar proses akses kembali ke alamat web menjadi lebih mudah. Internet Explorer menyebutnya sebagai "Favorites".

bps -- (Bits-Per-Second)
Suatu ukuran seberapa cepat data digerakkan dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah modem 56K dapat menggerakkan sekitar 57,000 bit per detik.

Browser
Software atau program client yang digunakan untuk menampilkan berbagai sumber di internet.

Bug
Kesalahan/ kekeliruan/ error yang diketahui ada pada suatu aplikasi software. Bug biasanya ditanggulangi dengan menggunakan
"Patch".

Button
Gambar grafis kecil atau tombol untuk keperluan navigasi biasanya berisi link ke halaman/ dokumen lain.

Byte
Sebuah kumpulan bit-bit yang merepresentasikan suatu karakter tunggal. Biasanya terdapat 8 bit dalam 1 byte, terkadang lebih, tergantung bagaimana cara pengukurannya.

Cache
Bagian pada hard disk yang digunakan oleh browser untuk menyimpan bagian-bagian dokumen/ halaman web yang sering diakses. Hal ini berpengaruh pada efektifitas bandwidth dan waktu dalam mengakses halaman/ dokumen.

CATP -- (Caffeine Access Transport Protocol)
Metode umum untuk menggerakkan caffeine dalam suatu WAN (Wide Area Networks), misalnya internet. CATP pertama kali digunakan di Binary Cafe, Cybertown dan secara cepat menyebar global.
CDMA -- (Code Division Multiple Access)
Sebuah protokol untuk wireless data dan komunikasi suara, CDMA secara luas digunakan pada jaringan telepon selular, juga pada
sistem komunikasi data lainnya. CDMA menggunakan sebuah teknik yang disebut "Spread Spectrum" dimana data secara luas ditransmisikan melalui beberapa frekuensi radio, lebih efisien dibandingkan radio spectrum. Ada sejumlah protokol tambahan pada CDMA, misalnya: 1xRTT (juga disebut CMDA2000).

Certificate Authority
Nomor Security Certificates yang digunakan pada koneksi SSL.

CGI -- (Common Gateway Interface)
Sekumpulan aturan-aturan yang menjelaskan bagaimana Web Server berkomunikasi dengan bagian lain dari suatu software pada mesin yang sama, dan bagaimana bagian/ program CGI tersebut berinteraksi dengan web server.

cgi-bin
Nama yang sering digunakan untuk direktori/folder pada web server dimana program-program CGI tersimpan.

Chat
Komunikasi real time di Internet menggunakan keyboard sebagai input kemudian dikirimkan ke server menggunakan program/software.

Click Through
Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasio klik/ penekanan pada suatu iklan/ banner. Misalnya banner yang ditampilkan 100 kali dan diklik sebanyak 5 kali, maka rasionya adalah 5%.

Client
Sebuah software/ program yang digunakan untuk mengirim/ menerima data dari suatu program server pada komputer lain, biasa digunakan pada jarak yang jauh. Program client didesain agar bekerja dengan satu/lebih program server yang spesifik, pada sisi lain, server mengharuskan program client yang spesifik pula. Sebuah Web Browser merupakan jenis spesifik dari Client.

Clip Art
Karya seni grafis yang dapat dipotong dan ditempelkan pada dokumen, atau dimodifikasi menggunakan program grafis. Clip Art biasanya berupa gambar/ foto sederhana.

Code
Teks dari program yang ditulis sebelum dikompilasi oleh mesin. Sering dianggap sebagai "Source Code".

co-location
Sering digunakan untuk menunjukkan kepemilikan sebuah server oleh seseorang atau group yang secara fisik terletak pada suatu jaringan yang terkoneksi ke internet (backbone internet berkecepatan tinggi). Umum digunakan karena pemilik server menginginkan servernya bekerja pada kecepatan internet tinggi maupun untuk alasan keamanan dibandingkan jika servernya berada pada tempat/
kantornya sendiri.

Cold Fusion
Bahasa script yang didesain untuk memudahkan para web desainer dalam mengembangkan interface dari aplikasi database dengan menyederhanakan query database dan memungkinkan penggunaan bahasa pemrograman yang sederhana untuk menangani fungsifungsi antara browser web, server, dan database.

Compiler
Suatu program yang menerima program lain dan dengan segera menghasilkan program lain yang lebih mudah dieksekusi dengan menyusunnya ke bahasa mesin. C, C++, Java merupakan contoh dari bahasa-bahasa pemrograman yang di-compile, sedangkan _Javascript, _VBScript, _JScript bukan bahasa ter-compile.

Compressed
Data yang ukuran filenya ditekan sehingga lebih kecil dari ukuran aslinya. Bentuk-bentuk kompresi, misalnya: ZIP, ARJ, Tar, ACE, gunzip, dsb. Ada beberapa cara untuk membuat ukuran file lebih kecil, salah satunya dengan mencari pola 1 dan 0 (biner) yang membentuk semua program, misalnya: 1111111111111110000000011111 dapat di-compress menjadi 15-1’s, 8-0’s, 5-1’s. Ketika file di uncompress, maka pola hasil compress dikembalikan ke bentuk semula (biner).

Control Panel
Paket aplikasi berbasis web yang memudahkan seseorang dalam manajemen website, upload file, backup file, akses database, mengatur account email, melihat statistik web, dsb.

Cookie
Arti umum dari "Cookie" mangacu pada suatu bagian informasi yang dikirimkan oleh Web Server ke suatu Web Browser, dimana
Browser software diharapkan dapat menyimpan dan mengirimkan kembali ke Server setiap saat browser mengirimkan request
tambahan. Tergantung pada jenis cookie yang digunakan dan seting browsernya, sebuah browser dapat menerima/ menolak cookies, cookie
yang diterima akan disimpan untuk waktu tertentu sesuai seting cookie.Cookies kemungkinan berisi informasi, misalnya informasi login, informasi online "shopping cart", keterangan pengguna, dll. Ketika server menerima permintaan dari browser yang mengikutsertakan Cookie, server dapat menggunakan informasi yang tersimpan pada cookie.Cookies biasanya diset agar berakhir untuk suatu waktu tertentu biasanya tersimpan dalam memori ketika Browser ditutup. Cookies tidak membaca hard disk atau file-file yang lain pada komputer, melainkan agar unsur interaktif pada saat
mengakses suatu website dapat terjadi dengan menyediakan informasi temporer pada sisi client yang dibutuhkan.
Crawler
Dikenal juga sebagai "Spider", digunakan oleh Search Engine untuk mengindex halaman-halaman web dan mengikuti link-link yang
ada pada suatu halaman web yang telah diindex.

CSS -- (Cascading Style Sheet)
Sebuah standard untuk menspesifikasikan tampilan text dan elemen lain. CSS dikembangkan untuk digunakan pada halaman HTML, tetapi juga digunakan untuk keperluan lain khususnya untuk aplikasi yang menggunakan XPFE. CSS digunakan untuk menyediakan sebuah "library" dari style yang digunakan dalam mengatur penampilan dari suatu dokumen, misalnya halaman website. Sebuah file CSS biasanya berisi pengaturan bagaimana teks miring, tebal, garis bawah, tabel, background, warna,dll akan ditampilkan. Dengan melakukan pengubahan sedikit pada CSS dapat berpengaruh pada keseluruhan tampilan dokumen yang menggunakan CSS.

Cyberspace
Istilah yang dibuat oleh William Gibson dalam novelnya Neuromancer, kata Cyberspace sekarang digunakan untuk mendeskripsikan
keseluruhan cakupan sumber-sumber informasi yang tersedia melalui jaringan komputer.

Database
Sekumpulan data yang disusun agar mudah dan cepat dicari/ didapatkan. Berisi catatan (record) informasi yang terorganisir dan diperuntukkan untuk tujuan khusus, misalnya: pencarian, pengurutan, dan pengkombinasian data.

Database Support
Web server yang mendukung berbagai macam fungsi database. Program database yang umum digunakan adalah: MySQL, Access, Oracle, dan SQL Server.

Dedicated Server
Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan web hosting dengan menyediakan suatu server khusus untuk digunakan hanya oleh satu pelanggan hosting. Layanan tersebut berguna untuk meningkatkan kecepatan transfer data website karena  server dan software-software didalamnya dikonsentrasikan untuk melayani satu website saja (private).

DHTML -- (Dynamic HyperText Markup Language)
DHTML mengacu pada halaman web yang menggunakan kombinasi HTML,JavaScript, dan CSS untuk membuat fitur-fitur seperti
navigasi, onmouseover, animasi sederhana, dll.

Dial Up Access
Akses ke internet menggunakan layanan/ jalur telepon biasa.


Dial Up Network
Suatu jaringan yang menggunakan jalur telepon biasa untuk terhubung ke Internet.
Digerati Literatur versi digital, sebagai bentuk digitalisasi pada aspek-aspek yang memungkinkan.

DNS -- (Domain Name System)
Domain Name System adalah sistem yang menterjemahkan nama domain internet ke nomor/ alamat IP. Sebuah "DNS Server" adalah server yang menyelenggarakan translasi tersebut.

Domain Name
Nama unique yang mengidentifikasikan nama situs internet. Kemungkinan ada suatu Domain Name yang tidak terkoneksi ke web
server. Misalnya pemilik domain yang menggunakan domain hanya untuk keperluan alamat email pribadi tanpa memiliki situs.

Download
Transfer data dari komputer lain ke komputer yang digunakannya. Kebalikan dari Upload.

DSL -- (Digital Subscriber Line)
Sebuah metode untuk menggerakkan data melalui jalur telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL jauh lebih cepat dibandingkan koneksi telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi, sama seperti sebuah leased line (Bagaimanapun sirkuit DSL bukan sebuah leased line). Konfigurasi umum DSL memperbolehkan kecepatan download berbeda/ lebih tinggi dari kecepatan upload. Susunan inilah yang disebut ADSL: Asymmetric Digital Subscriber Line. Konfigurasi lainnya memperbolehkan kecepatan download dan upload sama. DSL telah menjadi alternatif populer dari Leased Lines dan ISDN, lebih cepat dari ISDN dan lebih hemat daripada Leased Lines tradisional.
Email -- (Electronic Mail) Pesan-pesan, biasanya teks dan file, yang dikirimkan dari seseorang kepada orang lain menggunakan media komputer/ internet. Email
juga dapat dikirimkan ke banyak alamat dengan satu kali kirim.

Emoticon
Simbol yang dibuat menggunakan karakter pada keybord untuk menggambarkan emosi. misalnya: :) ;) :p (^_^) dsb.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...