Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Tuesday, November 15, 2011

Total Network Inventory

Sebagai administrator, mengaudit serta melakukan inventaris terhadap beberapa komputer dalam satu jaringan bisa menjadi hal yang agak merepotkan. Apalagi, jika komputer yang ditanganinya berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Bayangkan jika semua itu harus dilakukan secara manual.

Nah, ada satu aplikasi yang memudahkan untuk mendeteksi seluruh komputer dalam jaringan hingga ke hal-hal yang mendetail, seperti komponen dan sistem operasi. Namanya Total Network Inventory.

Untuk melakukan pendataan, admin tinggal melakukan pemindaian pada tiap komputer klien dan otomatis nantinya tampil segala detail dari setiap komputer yang terdeteksi. Hasil pendeteksian ini bisa disimpan berupa file dan dikirim ke database server.

Aplikasi ini cukup dijalankan dari satu komputer saja tanpa perlu menginstalasinya pada komputer lain dalam jaringan. Alhasil, admin bisa dengan mudah mendapatkan hasil pencatatan inventarisasi semua komputer pada jaringan tanpa terbentur masalah jumlah komputer yang ada.

Hasil pendeteksian bisa dilihat pada kolom View Details. Detail yang ditampilkan disusun berdasarkan kategori yang terdapat pada kolom bagian kanan, di antaranya hardware, software, other, serta custom information.

Selain mendeteksi segala komponen komputer, aplikasi ini juga mendeteksi hal yang dirasa perlu atau menanggalkan semacam warning jika terdapat hal yang dianggap penting, seperti memberi peringatan bila di antara komputer klien tidak terdapat antivirus.

Asyiknya lagi, admin bisa mengubah konfigurasi jaringan tiap komputer dari sini tanpa melalui komputer yang bersangkutan. Admin bisa mengubah nama komputer klien, IP address, tipe komputer, sampai nomor inventori sebagai penanda. Admin juga bisa menambahkan semacam catatan kecil yang bisa ditambahkan sebagai penanda dari setiap komputer tersebut.
(Dayu Akbar – Kontributor)

Fitur

Dengan Total Network Imventory, administrator jaringan akan dimudahkan dalam melakukan inventaris komputer dalam satu jaringan tanpa perlu memantaunya secara satu per satu. Hal ini juga bisa digunakan untuk melakukan perencanaan jika ingin melakukan upgrade.



Spesifikasi
Jenis                                                                  Shareware (30 hari)

Ukuran Installer                                                 7,08 MB

Situs Download                                                 http://www.ignitech.net/tni.html

Sistem Operasi                                                  Windows 98/Me/2000/NT/XP/2003/Vista/Server 2008/7



 Plus     : Pendeteksian akurat dan lengkap; bisa digunakan pada jumlah komputer yang tidak terbatas; tanpa instalasi dari komputer klien; ada pemindaian terjadwal.

Minus : Tidak terdapat pembatasan akses berupa password.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...