Petunjuk Penggunaan Modul
1. Untuk peserta didika) Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
b) Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang
diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu
yang ditargetkan.
c) Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya
dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda
mengerjakannya.
d) Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
e) Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika
dianggap perlu.
3. Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu
yang ditetapkan
4. Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu
mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian
yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau
perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada
sumber yang lain.
5. Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika
tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi /
bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau
mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti
ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda
melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti
sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
• Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
• Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara
cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
• Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
• Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh
alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada
bagian output
• Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang
dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan
dari kartu pelubang (punch card) dan
teknologi pengiriman tulisan jarak jauh
(Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakan pembaca kartu pembuat
lubang (punched card reader) sebagai alat
input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya
sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri
dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus
lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tomboltombol
huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti
: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus
lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada
Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard
umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa
maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk
dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output
atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat
menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita
lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita
ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih
dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahanperubahan
bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti
juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel
yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam
port yang terdapat pada CPU komputer.