Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Thursday, May 5, 2011

PORT Printer

Port Printer

Lebih dikenal dengan nama printer port adalah port eksternal yang sangat umum. Pasangannya adalah kabel paralel. Kebanyakan printer, scanner memakai soket jenis ini. Sampai sekarang, soket ini masih banyak dijumpai pada PC terbaru sekalipun.

Sebelum ditemukannya teknologi plug and play segala jenis periferal harus memerlukan pendeteksian oleh sistem komputer. Begitu juga dengan pemakaian model soket paralel ini. Penghubung yang memakai port LPT-1 ini memiliki keterbatasan dalam hal transfer data. Proses transfer data antar-PC atau PC denga eksternal storage sekitar 0,61 Mbps (Mega byte persecond).

Waktu transfer tersebut memang cukup cepat buat printer, yang notabene hanya menerima data saja. Namun untuk mentransfer data dari PC ke scanner dan jard disk eksternal atau sebaliknya, akan perlu tempo yang lebih lama. Sekarang ini satu satunya periferal yang masih menggunakan soket paralel adalah printer. 


 Contoh Port Printer PARALLEL DB25 & CENTRONIC

 
Port Parelel atau biasa dikenal dengan DB25 yang biasanya digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan printer juga dapat digunakan sebagai jalur untuk mengendalikan berbagai peralatan elektronik, baik itu lampu atau peralatan lainnya. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Soket Port paralel pada komputer menggunakan 25 pin. Pada kebanyakan peripheral seperti printer, 36 pin Centronics digunakan. Kedua port tadi ditampilkan pada gambar di bawah ini.
 
Port Printer DB25
 
Pin 36 Centronic
Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, deengan memperkenalkan dot matrix printer pada tahun 1970,  maka port ini juga disebut dengan Centronics port. Tetapi setelah IBM dan Epson mengambil alih pasar printer dot matrix (kemudian diikuti oleh Hewlett Packard di DeskJet printer laser dan segmen) kebanyakan orang hanya mengasosiasikan kata Centronics dengan port interface itu sendiri, bukan nama produsen.
 
Interface Port Printer Parallel DB25
 
Kabel & Port Centrino
Komunikasi yang dilakukan pada port parallel merupakan  komunikasi yang mengirimkan data secara bersamaan. Pada penggunaan komunikasi paralel semua bit dikirim secara bersamaan pada waktu yang sama. Oleh karena itu pada komunikasi ini kita membutuhkan banyak kabel. Hal memang sering menjadi kelemahan komunikasi paralel akibat banyaknya kabel yang dibutuhkan, dan panjang kabel ini tidak boleh lebih dari 20 m, untuk menjaga keaslian data. Namun kelebihan komunikasi paralel adalah lebih cepat dan kapasitas yang dibawa juga banyak serta pemrograman yang lebih mudah.
Komunikasi paralel yang digunakan adalah komunikasi paralel lewat kabel data untuk printer (saat mengeluarkan data). Pada keadaan normal (tidak aktif) tegangan pada pin-pin ini adalah 0 volt, namun bila kita beri high, maka tegangannya akan berubah menjadi 5 volt.
Berikut ialah tabel nama pin dari konekter DB25 dan Centronics dengan jumlah konektor 34.  DB25 ialah konektor yang umum digunakan di computer sebagai port paralel , sedangkan konektor Centronics umum ditemukan di printer.  IEEE 1284 ialah standar yang menentukan 3 konektor berbeda yang dapat digunakan dengan port paralel, yaitu1284 tipe A ialah konektor DB25 yang dapat ditemukan di hampir semua komputer, 1284 tipe B ialah konektor Centronics 36 pin yang umum ditemukan di printer, IEEE 1284 type C ialah konektor 36 pin seperti Centronics, tetapi ukurannya lebih kecil dan lebih memuaskan.
Berikut merupakan pinout pada konektor port paralel
Pin No (DB25)
Pin No (36 pin)
Signal name
Direction
Register – bit
Inverted
1
1
*Strobe
In/Out
Control-0
Yes
2
2
Data0
Out
Data-0
No
3
3
Data1
Out
Data-1
No
4
4
Data2
Out
Data-2
No
5
5
Data3
Out
Data-3
No
6
6
Data4
Out
Data-4
No
7
7
Data5
Out
Data-5
No
8
8
Data6
Out
Data-6
No
9
9
Data7
Out
Data-7
No
10
10
*Ack
In
Status-6
No
11
11
Busy
In
Status-7
Yes
12
12
Paper-Out
In
Status-5
No
13
13
Select
In
Status-4
No
14
14
Linefeed
In/Out
Control-1
Yes
15
32
*Error
In
Status-3
No
16
31
*Reset
In/Out
Control-2
No
17
36
*Select-Printer
In/Out
Control-3
Yes
18-25
19-30,33,17,16
Ground
-
-
*berarti aktif pada saat low seperti “*strobe”

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...