Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Tuesday, September 5, 2023

Cara Mengawetkan Penggunaan Aki Motor Kering

 Latar Belakang

Pada kesempatan ini saya memberikan pengalaman saya selama memakai kendaraan sepeda motor scooter matic yang menggunakan Aki kering agar lebih awet saat digunakan.

Cara-caranya

  1. Gunakan motor matic anda secara setiap hari, bila perlu di pakai untuk jalan-jalan kurang lebih 5 s.d 10KM/harinya, bertujuan agar aki dapat bekerja secara stabil jika tegangan dialirkan ke perangkat/komponen elektronik motor tersebut.
  2. Jika motor dengan aki kering tidak digunakan lebih dari 2 hari usahakan saklar atau pemutus aliran listrik dari aki agar dapat di kondisikan off/switch off, bertujuan agar aki tidak terus menerus mengalirkan aliran listrik ke bagian komponen elektronik motor tersebut sehingga aki dalam keadaan tanpa kontak apapun.
  3. Pada saat berkendara pada malam hari jika jalan tidak terlalu gelap maka tidak dianjurkan menyalakan lampu jarak jauh atau lampu tembak, karena akan memakan daya yang lebih besar pada aki tersebut.
    Gambar Aki

  4. Pada saat berhenti berkendara usahakan mematikan motor menggunakan kunci stop kontak itu sendiri, tidak diperbolehkan menggunakan standar samping motor jika motor tersebut masih dalam keadaan menyala, karena dapat merusak sel aki itu sendiri.
  5. Tidak diperbolehkan untuk memvariasi motor yang berlebihan terutama penambahan lampu pada motor atau pergantian lampu yang tidak sesuai standar motor, sehingga dapat memakan daya yang besar dari aki tersebut
  6. Rata-rata penggunaan aki pada umumnya adalah 5 tahun atau sekitar 30.000 s.d 35.000 KM, setelah itu aki harus diganti dengan yang baru, pada saat aki sudah tidak dapat menstarter motor tersebut itu tandanya aki tersebut sudah mengalami turun tegangan, oleh sebab itu dapat dilakukan pergantian aki, namun tidak diharapkan untuk strum aki karena strum aki hanya dapat bertahan beberapa saat saja.

Demikian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk teman-teman pengguna motor matic.


No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...