Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Thursday, April 13, 2023

Persiapan Apakah Untuk Mudik Lebaran? Yuk Kita Simak

Persiapan Mudik Lebaran

Pesiapan Mudik Lebaran menjelang hari raya Idul Fitri merupakan salah satu tradisi di negara kita tercinta Indonesia, Mudik itu sendiri dapat kita simpulkan adalah seseorang yang tinggal jauh dari tempat kelahirannya untuk kembali berkumpul bersama keluarga tercinta.
Mudik itu sendiri memerlukan persiapan khusus dan harus direncanakan sejak jauh-jauh hari, karena pada saat perjalanan mudik tidak semua moda transportasi menjamin keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh. Yang perlu diperhatikan saat Mudik itu sendiri adalah :
  1. Persiapan Kesehatan Jasmani dan Rohani, yaitu persiapan secara kesehatan badan/tubuh dan dengan pikiran yang tenang tanpa ada tekanan batin, hal itu sangat penting karena Mudik harus memerlukan tenaga yang ekstra karena didalam perjalanan Mudik dilakukan pada saat masih bulan Ramadan atau dalam keadaan puasa, mesti bagi orang-orang yang melakukan perjalanan jauh tidak diwajibkan untuk berpuasa tentu saja harus tetap menjaga kesehatan yang prima.
  2. Persiapan pilihan moda transportasi, hal terpenting kedua yaitu moda transportasi yang digunakan saat Mudik Lebaran. Sebelum kita berangkat untuk mudik kita haruslah memikirkan matang-matang tentang moda transportasi yang kita gunakan terutama untuk keselamatan kita saat dalam perjalanan. Apasajakah persiapan yang dapat kita lakukan untuk menggunakan moda transportasi? berikut penjelasannya : 1. Menggunakan kendaraan sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang banyak digunakan para pemudik yang lebih hemat namun tingkat keselamatannya masih kurang memadai dikarenakan pengemudi motor lebih cepat merasa lelah dan ngantuk dikarenakan perjanan yang jauh, untuk penggunaan sepeda motor diusahakan agar mempersiapkan fisik yang sehat dan tidur yang cukup serta jika sudah dalam perjalanan utamakan kondisi badan kita, jika merasa lelah ataupun ngantuk minimal kita istirahat sejenak minimal stengah jam lalu lanjut kembali perjalannya. 2. Menggunakan kendaraan Mobil pribadi adalah salah satu kendaraan yang begitu banyak juga digunakan oleh pemudik di Indonesia, saat perjalanan mudik menggunakan Mobil yang diperhatikan adalah tentu kesehatan fisik pengemudi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, sama seperti pengendara Motor pengemudi harus tidur yang cukup dan istirahat sejenak jika dalam perjalanan mengantuk, minimal istirahat adalah stengah jam. 3. Menggunakan transportasi umum seperti Bus, Kereta dan Pesawat Terbang, pada moda transportasi umum tingkat keamanan kenyamanan yang paling tinggi adalah saat menaiki pesawat terbang yang kedua Kereta Api dan ketiga Bus, semua transportasi umum memiliki tarif masing-masing, tentu saja kita harus menyesuaikan budget yang kita miliki, misal saja kita menaiki Kereta Api ada beberapa jenis kursi kereta beserta tarifnya masing-masing, ada yang kursi Ekonomi, kursi Bisnis, maupun yang paling mahal adalah kursi Eksekutif.
  3. Perhatikan barang bawaan saat Mudik menjadi salah satu hal yang terpenting juga dikarenakan merupakan keselamatan dan keamanan pemudik itu sendiri, usahakan barang bawaan kita harus seminim mungkin dan membawa yang dibutuhkan saja, misal saja kita bawa baju seperlunya, bawa obat untuk menjaga kesehatan dijalan, bawa bekal makanan secukupnya, serta membawa oleh-oleh dari daerahnya masing-masing jika memungkinkan.
  4. Memperhatikan tempat tinggal kita sebelum berangkat Mudik, demi kelancaran pemudik selalu lakukan pengecekan tempat tinggal terutama pengecekan kunci pintu rumah apakah masih bagus atau harus diperbaiki, pengecekan arus listrik usahakan alat-alat elektronik seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci dan Penanak Nasi sudah dalam keadaan dicabut (mati) serta jangan lupa juga untuk mematikan arus PDAM jika memakai PDAM.
Dari hal-hal diatas dapat kita siapkan pada saat kita menghadapi cuti bersama sebelum hari raya Idul Fitri, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman, saudara, Bapak/Ibu semua yang ingin mudik, terima kasih.
Waasalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...