Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Wednesday, June 13, 2012

Buffalo CloudStation Pro Duo CS-WV2.0/R1

Buffalo CloudStation Pro Duo CS-WV2.0/R1

Kapasitas Besar  

NAS dari Buffalo ini memungkinkan berbagai data diakses ala cloud.   
Makin populernya layanan cloud storage membuat media-media penyimpanan mulai menambahkan feature tersebut di produk mereka. Salah satunya adalah Buffalo. Salah satu produsen besar untuk produk-produk jaringan dan media penyimpanan ini menghadirkan CloudStation, sebuah lini produk network attached storage (NAS) yang dilengkapi dengan layanan cloud storage. Kombinasi antara kapasitas NAS yang besar dengan fleksibilitas cloud storage membuat NAS ini tampak sangat menarik. 

Buffalo CloudStation Pro Duo CS-WV2.0/R1 ini hadir dengan desain yang bisa dibilang sederhana. Bentuk fisiknya juga terbilang kompak dengan ukuran hanya sekitar 12,7 x 20,4 x 8,6 cm. Ukuran ini membuatnya tidak terlalu memakan banyak tempat. Dengan ukuran ini, CloudStation Pro Duo CS-WV2.0/R1 dapat dengan mudah diletakkan di mana saja, termasuk di ruangan sempit. Sebagian besar bagian badannya menggunakan bahan plastik yang solid sehingga sama sekali tidak memberikan kesan ringkih. Di bagian depannya, terdapat sebuah pintu yang merupakan tempat keluar masuknya harddisk. Di dalamnya sudah tersedia dua buah harddisk berkapasitas 1 TB sehingga Anda akan mendapatkan kapasitas total sebesar 2 TB. Di bagian belakangnya terdapat sebuah kipas kecil untuk membuang panas, serta sebuah port USB. 

NAS Buffalo CloudStation Pro Duo CS-WV2.0/R1 ini dibekali dengan prosesor Marvell 1,6 GHz dan memori 256 MB DDR3. NAS ini mendukung harddisk dengan antarmuka SATA II sebanyak dua buah. Selain varian 2 TB, CloudStation Pro Duo ini juga tersedia dalam kapasitas 4 TB. NAS ini hanya mendukung dua pilihan konfigurasi harddisk, JBOD dan RAID1. NAS ini juga mendukung akses data secara cloud melalui portal yang sudah disediakan. Anda hanya cukup mengaksesnya melalui situs http://cloudstation.pogoplug.com dan melakukan pengaturan di sana, tanpa perlu melakukan instalasi aplikasi apa pun. 

Port LAN-nya sendiri berjumlah sebanyak satu buah, dan mendukung transfer secara gigabit. Port USB yang ada di bagian belakang digunakan untuk memasangkan media penyimpanan tambahan (seperti harddisk eksternal dan melakukan backup ke dalamnya). 

Panel kontrol yang ada pada Buffalo CloudStation CSWV2.0/R1 ini cukup sederhana dan mudah dimengerti. Namun, perpindahan menu terbilang agak tersendat. Beberapa kali NAS ini tidak merespon saat kami mencoba untuk berpindah menu dengan cepat. Untuk menguji kinerjanya, kami memformat ulang seluruh harddisk yang ada pada NAS ini, dan mengkonfigurasinya menjadi RAID1 (mirroring). Proses format dan konfigurasi memakan waktu cukup lama, sekitar 5 jam. Setelah NAS siap digunakan, kami menguji kecepatannya dalam sebuah jaringan LAN yang seluruh perangkatnya sudah mendukung gigabit. Dan hasilnya, kecepatan baca dan tulis NAS ini tergolong bagus. Untuk mengetahui hasil uji selengkapnya, Anda bisa melihatnya pada tabel. 

Buffalo CloudStation CS-WV2.0/R1 ini adalah sebuah NAS kompak yang berkinerja bagus. Tambahan layanan cloud-nya cukup menjawab kebutuhan akan akses data secara cepat di mana saja dan kapan saja. Kecepatan baca tulisnya juga cukup cepat meskipun belum mendukung SATA 6 Gbps dan USB 3.0.

Hasil uji

Intel NASPT (RAID0)
HD Video Playback
52,043 MB/s
2x HD Video Playback
40,078 MB/s
4x HD Video Playback
38,758 MB/s
HD Video Record
35,773 MB/s
HD Playback & Record
41,076 MB/s
Content Creation
1,846 MB/s
Office Productivity
26,222 MB/s
File Copy to NAS
14,159 MB/s
File Copy from NAS
52,144 MB/s
Directory Copy to NAS
1,835 MB/s
Directory Copy from NAS
2,341 MB/s
Photo Album
22,408 MB/s
Robocopy
RAID0
30,586 MB/s
SiSoftware Sandra (RAID0)
Buffered Read
70,027 MB/s
Sequential Read
49,427 MB/s
Random Read
35,320 MB/s
Buffered Write
72,107 MB/s
Sequential Write
46,720 MB/s
Random Read
50,910 MB/s

Spesifikasi

Antarmuka Harddisk
SATA 3 Gbps
Jumlah Harddisk
2 internal (2 x 1 TB) disertakan dalam paket
Ukuran Harddisk
3,5”
Port
1 x USB (belakang) 1 x 10/100/1000 Ethernet (LAN)
Modus Penyimpanan
RAID 1, JBOD
Bobot
2,3 kg (tanpa adaptor)
Garansi
3 tahun
Situs Web
www.buffalotech.com
Harga Kisaran*
US$379


No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...