Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Friday, September 25, 2020

Memilih Jenis Router atau Access Point Untuk Media Wireless Dirumah Maupun Di Kantor

Assalamualaikum Wr. Wb
Wireless atau biasa kita sebut sebagai WiFi, wireless kini banya digunakan oleh kantor-kantor dan sebagian kecil perumahan yang membutuhkan internet untuk RT/RW Net dan berlangganan internet yang menggunakan wireless Internet Service Provider (ISP).

Wireless Router & Access Point


Wireless sering kali menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin dirumahnya memiliki akses hotspot ataupun access point, namun kini orang-orang sudah dapat memsang hotspot wireless tersebut secara mudah, murah dan sederhana instalasinya. Umumnya wireless yang dipakai di perumahan menggunakan wireless jenis 802.11n, apa artinya dari angka tersebut? Angka tersebut merupakan standar jaringan internet secara global dan memiliki frekuensi 2.4GHz yang dimana kecepatan transfer data dari frekuensi tersebut mencapai 600MBps, sedangkan untuk pabrikan yang memproduksi wireless router dan access point rata-rata memproduksi 802.11n yang kecepatan transfer 300MBps saja, selain harganya yang tidak terlalu mahal, maka jenis router dan access point ini menjadi pilihan masyarakat kota dan pedesaan.

Adapun jenis router dan access point yang memiliki frekuensi 5GHz, yaitu jaringan wireless jenis 802.11ac yang dimana jenis router access point ini memiliki kecepatan yang tinggi, kecepatan yanf dapat diperoleh oleh jenis frekuensi 5GHz mencapai 2600MBps dalam artian wireless ini digunakan sebagian perumahan yang sudah terpasang RT/RW Net maupun perkantoran besar.

Ceiling Access Point

Namun bagi sebagian orang ingin memilih jenis router maupun access point jenis apakah yang direkomendasikan?
Jawabannya sesuaikan dengan kebutuhkan pengguna, jika pengguna tersebut hanya untuk kebutuhkan rumah pribadi dan keluarga dapat menggunakan router access point jenis 2.4GHz 802.11n, selain harganya terjangkau namun untuk jangkauannya pun cukup efektif untuk 1 rumah bertingkat maupun tidak bertingkat. Sedangkan untuk pengguna yang mencapai 3-10 rumah dalam artian wireless tersebut dipakai secara bersamaan dalam 1 lingkungan maka bisa menggunakan wireless jenis 5GHz 802.11ac yang kecepatannya mencapai 2600MBps, namun bukan saja memilih router access point saja, ada baiknya pula pengguna memilih neis paket layanan internet yang disediakan oleh ISP misalnya seperti Indihome, Biznet dan Indosat, jika penggunaan wifi yang hanya untuk 1 rumah atau keluarga pilih paket yang minimalis sedangkan jika untuk pengguna wifi yang melebihi dari 2 keluarga maka pilih paket layanan internet yang lebih tinggi.

Lalu bagimana menempatkan sebuah wireless router dan access point yang tepat dirumah kita?
Jawabannya sangat mudah, menempatkan sebuah wireless router dan access point bisa diletakan di ruang tengah yang sangat efektif karena jangkauan sinyal akan mudah di dapat pada setiap ruangan yang ada

Lalu kelebihan dan kekurangan wireless access point itu apasaja?
  • Kelebihannya: WiFi yang ditempatkan dirumah kita dapat aktif selama 24jam non-stop dan memiliki keamanan penggunaan password pada nama WiFi yang kita gunakan, serta akses wireless dapat menghemat kuota paket data pada smartphone dan dapat digunakan untuk usaha RT/RW Net.
  • Kekurangannya:Jangkauan sinyal WiFi tidak terlalu luas dan sinyal WiFi juga dapat terganggu oleh banyaknya tembok dan pohon sehingga menurunkat stabilitas internet.
Demikian semoga bermanfaat bagi pengguna WiFi dirumah maupun dikantor, jadi gunakan layanan wireless dengan bijak, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...