Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Thursday, September 24, 2020

Tips Menjaga Baterai Laptop Tetap Awet Dan Tidak Cepat Drop - Safely Battery Notebook

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Kecanggihan laptop saat ini sudah sangat mumpuni untuk pekerjaan sehari-hari kita, dimana setiap penggunanya adalah sebagian besar pegawai kantoran. Laptop biasa digunakan hampir 5-7 jam per-harinya, keberadaan laptop pun semakin hari semakin disempurnakan khususnya pada penggunaan baterai laptop yang tentu saja menjadi penunjang pekerjaan seseorang agar tidak cepat habis saat digunakan seharian full.

Safe Battery

Saat ini laptop yang sudah memiliki mode switching otomatis sudah banyak di produksi dan laptop yang menggunakan baterai non-removable sudah banyak yang dijual dipasaran pula, ada beberapa penjelasan tentang baterai laptop yang tipe non-removable yang artinya baterai tersebut tidak dapat di lepas ataupun diganti karna sudah tertanam dalam mesin elektronika laptop tersebut

  • Baterai non-removable, baterai ini sudah banyak digunakan di kalangan produsen laptop terutama laptop merk ternama seperti Asus, HP dan lenovo. baterai ini dapat dipakai dengan masa yang lebih panjang dibanding baterai removable yang dapat dilepas, dikarenakan baterai ini sudah di desain dan di buat secara canggih agar laptop tanpa perlu ganti baterai.
  • Baterai non-removable adalah baterai ini bermacam-macam kapasitasnya pada setiap laptop, oleh karena itu laptop yang dikatakan memiliki spesifikasi yang basic hanya di bebani kapsitas baterai yang bertahan paling lama 3-4 jam saja, namun ada pula baterai laptop non-removable yang bisa bertahan sampai 7-8 jam per-hari namun harganya pun cukup mahal sehingga laptop tersebut otomatis memiliki spesifikasi yang lebih tinggi pula karena banya teknologi canggih yang dipasang didalamnya agar baterai bisa bertahan lama. Jadi bisa sesuaikan kebutuhan anda.
Baterai non-removable atau baterai removable?
Jawabannya tentu baterai non-removale sudah jelas baterai tersebut memiliki tingkat operasi yang lebih canggih dan tahan lama, sedangkan untuk baterai removable tingkat ketahanan baterai yang masih rendah dan jelas baterai removable banyak yang palsu (KW) saat kita membeli baterai dari pihak-pihak yang tidak dikenal.

Adapun beberapa permasalahan yang kita jumpai saat menggunakan laptop canggih dengan baterai non-removable yaitu permasalahan baterai tidak awet (drop) dan cepat habis, kita bahas dahulu tentang pemakaian baterai tersebut.
  1. Baterai laptop cepat habis? Ini pertanyaan umum yang sering kita jumpai di forum-forum, baterai non-removable pada laptop yang spesifikasinya rendah atau menegah maka laptop tersebut tidak disarankan untuk install aplikasi-aplikasi yang memakan tenaga processor dan memakan space RAM yang tinggi, kenapa? Karena program aplikasi yang berat maka baterai laptop cepat habis dan kondisi mesin laptop pun bisa sangat panas, jika laptop digunakan dalam jangka waktu 3 bulan berturut-turut setiap harinya maka baterai laptop tersebut akan drop dan sudah tidak sehat lagi
  2. Pemakaian aplikasi pada umumnya sangat mempengaruhi masa umur baterai, jadi untuk penggunaan aplikasi sangat harus di sesuaikan dengan spesifikasi laptop tersebut sehingga laptop saat dipakai baterai terjaga tidak panas dan tidak cepat drop
Lalu apasajakah aplikasi yang membuat laptop cepat panas dan memakan daya baterai yang cukup tinggi?
Jawabannya adalah aplikasi multimedia dan games contoh aplikasi multimedia banya sekali kita jumpai di website-website resminya, ini beberapa penjelasan aplikasi multimedia tersebut:
  • Aplikasi multimedia "Video Editing" aplikasi ini sudah tidak asing dan banyak kita nikmati untuk editing video untuk konten-konten Yotube dan sejenis, aplikasi ini otomatis membutuhkan kinerja processor yang lebih tinggi saat melakukan playback dan melakukan rendering, jadi bagi anda yang memiliki laptop yang standar basic dengan RAM 4GB serta processor dualcore jangan memaksakan install aplikasi ini agar baterai laptop anda awet dan tidak cepat drop
  • Aplikasi multimedia "Pembuatan Animasi" aplikasi ini biasa digunakan sebagian orang yang bekerja atau sekolah di jurusan multimedia, aplikasi ini juga saat kita installkan di laptop dengan spesifikasi standar basic maka akan cepat panas karena aplikasi ini memakan kinerja processor dan RAM yang tinggi pula, jadi tidak disarankan untuk install aplikasi jenis ini.
  • Yang terakhir adalah bermain Games, hindari bermain games di laptop yang spesifikasi standar basic yang tidak dikhususkan untuk game, tentu banyak pelajar yang ingin bermain games di laptop akan tetapi laptop tersebut belum memiliki spesifikasi yang tinggi dan yang dikhususkan untuk games, maka jangan memaksakan untuk bermain games di laptop sama halnya aplikasi multimedia maka akan memakan kinerja processor yang tinggi dan memakan kapasitas RAM yang tinggi pula sehingga laptop otomatis cepat panas dan baterai pun tidak semakin awet.
Jadi bagi kalian yang mempunya laptop dengan baterai yang tidak terlalu tinggi dayanya maka sangat disarankan untuk menjaga baterai tersebut dari aplikasi yang berjalan pada laptop kalian, jika kalian membutuhkan aplikasi yang memakan kinerja komputer tinggi maka gunakan dan pakailah laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan tentu daya baterai yang tinggi, demikian semoga bermanfaat, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...