Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Sunday, October 30, 2011

Taskbar

Desktop Taskbar

Dalam komputasi, taskbar adalah bar ditampilkan pada tepi penuhdesktop GUI yang digunakan untuk memulai dan memantau aplikasi yang berjalan. Microsoftincorporated taskbar pada Windows 95 dan telah aspek mendefinisikan antarmuka pengguna grafis Microsoft Windows sejak saat itu. Somedesktop lingkungan, seperti versiKDE dan GNOME lama, termasuk taskbar lebih dikonfigurasi.Sistem operasi lain dapat menggunakan metode yang berbedauntuk manajemen tugas atau meluncurkan aplikasi seperti panel atau dock

Microsoft Windows

Pengaturan default untuk taskbar Microsoft Windowsmenempatkannya di bagian bawah layar dan termasuk dari kiri ke kanan wilayah tombol menu Start, Quick Launch bar, tombol taskbar, dan pemberitahuan. Quick Launch toolbar telah ditambahkan dengan update Internet Explorer 4 shell, dan tidak diaktifkan secara default pada Windows XP. Windows 7 dihapusfitur Quick Launch yang mendukung menjepit aplikasi ke taskbaritu sendiri.
Taskbar pada awalnya dikembangkan sebagai fitur dari Windows95, tetapi itu didasarkan pada fitur user interface serupa yang disebut baki yang dikembangkan sebagai bagian dari proyekKairo Microsoft.
Dengan peluncuran Windows XP, Microsoft mengubah perilakutaskbar untuk mengambil keuntungan dari hukum Fitts.

 Menu Start, yang diakses dengan tombol pada taskbar, berisi perintah-perintah yang dapat mengakses program, dokumen, dan pengaturan.

 Quick Launch Bar, diperkenalkan dengan Windows 98 (juga untuk download yang terpisah untuk Windows 95 dan Windows NT 4.0 dengan Windows Desktop Pembaruan untuk Internet Explorer 4), berisi cara pintas ke aplikasi. Windows menyediakan entri standar, seperti Internet Browser Peluncuran Explorer, dan pengguna atau perangkat lunak pihak ketiga dapat menambahkan cara pintas lain yang mereka pilih. Sebuah klik pada icon aplikasi di daerah ini meluncurkan aplikasi. Bagian ini mungkin tidak selalu hadir: misalnya dimatikan secara default pada Windows XP andWindows 7.

 Shell Windows tempat tombol taskbar di taskbar setiap kali sebuah aplikasi menciptakan jendela ada pemiliknya: yaitu, sebuah jendela yang tidak memiliki orang tua dan yang dibuat sesuai dengan pedoman yang normal pengguna antarmuka Windows. Biasanya semua Interfaceapplications Single Document memiliki tombol taskbar tunggal untuk setiap jendela yang terbuka, meskipun modal jendela juga dapat muncul di sana.

 Windows 98 dan Windows Desktop Pembaruan untuk Windows 95 memperkenalkan kemampuan untuk meminimalkan jendela depan dengan mengklik tombol taskbar mereka.

 Windows 2000 diperkenalkan pemberitahuan balon.

 Windows Me menambahkan opsi untuk menonaktifkan bergerak atau mengubah ukuran taskbar.

 Windows XP taskbar pengelompokan diperkenalkan, yang dapat kelompok tombol taskbar dari beberapa jendela dari aplikasi yang sama ke dalam satu tombol. Tombol ini muncul menu daftar semua jendela dikelompokkan saat diklik. Hal ini membuat taskbar dari yang penuh sesak saat banyak jendela yang terbuka sekaligus.

 Windows Vista memperkenalkan preview jendela yang menunjukkan tampilan thumbnail dari aplikasi secara real-time.Kemampuan ini disediakan oleh theDesktop Window Manager.Menu Start tooltip tidak lagi mengatakan "Klik di sini untuk memulai". Sekarang, mengatakan hanya "Start".

 Windows 7 diperkenalkan Jumplists yang menu yang menyediakan cara pintas ke dokumen baru dibuka, dokumen sering dibuka, jalur folder (dalam kasus Windows Explorer), atau berbagai pilihan (disebut Tugas) yang berlaku untuk bahwa program tertentu atau shortcut situs disematkan. Langsung daftar muncul ketika pengguna klik kanan pada icon di taskbar atau menyeret ikon ke atas dengan mouse klik kiri. File terakhir dan sering dan folder dapat ditempelkan di dalam daftar melompat.

 Windows 7 memperkenalkan kemampuan untuk pin aplikasi ke taskbar sehingga tombol untuk meluncurkan mereka muncul ketika mereka tidak berjalan. Sebelumnya, peluncuran Cepat digunakan untuk pin aplikasi ke taskbar, namun, program yang berjalan muncul sebagai tombol terpisah.

 Windows 7 taskbar dihapus beberapa fitur klasik.

 Deskbands diminimalkan fungsional, lama menjalankan program, seperti Windows Media Player. Program yang meminimalkan ke deskbands tidak ditampilkan di taskbar.

 Area notifikasi adalah bagian dari taskbar yang menampilkan ikon untuk fitur sistem dan program yang tidak memiliki kehadiran di desktop serta waktu dan ikon volume. Terutama mengandung ikon yang menunjukkan informasi status, meskipun beberapa program, seperti Winamp, menggunakannya untuk jendela diminimalkan. Secara default, ini terletak di kanan bawah monitor utama (atau bawah-kiri pada bahasa-bahasa dari Windows yang menggunakan kanan-ke-kiri urutan membaca), atau di bagian bawah taskbar jika merapat vertikal. Jam muncul di sini, dan aplikasi dapat menempatkan ikon dalam area notifikasi untuk menunjukkan status operasi atau untuk memberitahukan pengguna tentang suatu peristiwa. Sebagai contoh, aplikasi mungkin menaruh ikon printer pada area status untuk menunjukkan bahwa pekerjaan cetak berlangsung, atau aplikasi display driver dapat memberikan akses cepat ke berbagai resolusi layar. Area notifikasi sering disebut sebagai system tray, yang Microsoft menyatakan salah, meskipun istilah ini kadang-kadang digunakan dalam Microsoft dokumentasi, artikel, dan perangkat lunak deskripsi. Raymond Chen menunjukkan kebingungan berasal systray.exe, sebuah aplikasi kecil yang dikendalikan beberapa ikon dalam area notifikasi di Windows 95. Area notifikasi juga disebut sebagai daerah status oleh Microsoft.

 Dalam versi Windows ikon pemberitahuan area terbatas sampai 16 warna. Windows ME menambahkan dukungan untuk ikon notifikasi area warna yang tinggi.

 Dimulai dengan Windows XP, pengguna dapat memilih untuk selalu menampilkan atau menyembunyikan beberapa ikon, atau menyembunyikan mereka jika tidak aktif untuk beberapa waktu.Tombol A memungkinkan pengguna untuk mengungkapkan semua ikon.

 Dimulai dengan Windows Vista, area notifikasi taskbar dibagi menjadi dua area, satu disediakan untuk ikon sistem termasuk jam, jaringan volume, dan kekuasaan. Yang lainnya adalah untuk aplikasi.
Kustomisasi
 Taskbar Windows dapat dimodifikasi oleh pengguna dalam beberapa cara. Posisi taskbar dapat diubah untuk muncul pada tepi layar utama. Sampai dengan dan termasuk Windows Server 2008, taskbar dibatasi untuk menampilkan tunggal, meskipun utilitas pihak ketiga asUltraMon tersebut memungkinkan untuk menampilkan rentang beberapa. Ketika taskbar ditampilkan vertikal pada versi Windows sebelum Windows Vista, tombol menu Start hanya akan menampilkan teks "Start" atau setara diterjemahkan jika taskbar cukup lebar untuk menunjukkan teks lengkap Namun., Tepi taskbar (dalam posisi apapun) dapat diseret untuk mengontrol tingginya (lebar untuk taskbar vertikal), ini terutama berguna untuk taskbar vertikal untuk menunjukkan judul jendela sebelah ikon jendela.Pengguna dapat mengubah ukuran tinggi (atau lebar ketika ditampilkan secara vertikal) dari taskbar sampai setengah dari area layar. Untuk menghindari Resize inadverdent atau reposisi taskbar, Windows XP dan kemudian mengunci taskbar secara default. Ketika dibuka, "mengatasi" ditampilkan di samping unsur-unsur bergerak yang memungkinkan meraih dengan mouse untuk memindahkan dan ukuran. Ini sedikit menurun mengatasi jumlah ruang yang tersedia di taskbar.Taskbar secara keseluruhan dapat disembunyikan sampai pointer mouse bergerak ke tepi layar, atau memiliki fokus keyboard.

Screenshots

Windows 7 Taskbar
Windows XP Taskbar
Windows 95 Taskbar
Desktop Toolbars 

Toolbar lainnya, yang dikenal sebagai "Deskbands", dapat ditambahkan ke taskbar. Windows mencakup deskbands berikut tapi tidak menampilkan mereka secara default (kecuali toolbar Quick Launch dalam versi tertentu dan konfigurasi).

 Alamat. Berisi sebuah bar alamat yang mirip dengan apa yang ditemukan di Internet Explorer.

 Windows Media Player. Opsional muncul saat Windows Media Player diminimalkan.

 Link. Cara pintas untuk item yang terletak di folder Link pengguna. Biasanya cara pintas ke situs internet.

 Tablet PC Panel Masukan. Berisi tombol untuk menampilkan panel Tablet PC input untuk entri tinta teks.

 Desktop. Berisi cara pintas ke item yang terdapat pada desktop pengguna. Karena taskbar selalu ditampilkan, ini menyediakan akses mudah ke item desktop tanpa harus meminimalkan aplikasi.

 Quick Launch. Berisi cara pintas ke Internet Explorer, aplikasi email dan link untuk menampilkan desktop. Windows Vista menambahkan link ke fitur Flip 3D.

 Bahasa. Berisi cara pintas untuk cepat mengubah bahasa yang diinginkan untuk keyboard untuk mengikuti.Selain deskbands, Windows mendukung "Aplikasi Desktop Toolbar" (juga disebut "appbands") yang mendukung menciptakan toolbar tambahan yang dapat dermaga ke setiap sisi layar, dan tidak dapat dilapis oleh aplikasi lain.Pengguna dapat menambahkan toolbar tambahan yang menampilkan isi folder. Tampilan untuk item toolbar yang mewakili folder (seperti Peluncuran Link, Desktop dan Cepat) dapat diubah untuk menampilkan ikon besar dan teks untuk setiap item.Sebelum ke Windows Vista, Toolbar Desktop bisa diseret taskbar dan mengambang secara independen, atau merapat ke tepi layar.Windows Vista sangat terbatas, tetapi tidak menghilangkan kemampuan untuk memiliki toolbar desktop tidak melekat pada taskbar Windows 7 telah usang penggunaan Deskbands Mengambang sama sekali: mereka hanya muncul disematkan ke dalam Taskbar.

 Setelah membuka sifat Taskbar pada Windows 95 dan Windows 98 sementara menekan tombol CTRL, tab yang ekstra untuk Pilihan Deskbar ditampilkan, tetapi tidak ada bagian dari itu dapat digunakan. Opsi Deskbar adalah fitur yang tidak pernah dimasukkan dalam versi Windows ini. 

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...