Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Wednesday, April 4, 2012

A.C.Ryan Veolo Berbasis Sistem Android

Kemampuan multimedia perangkat ini tampak lengkap berkat adanya sistem berbasis Android yang fleksibel untuk aktivitas digital.

Bila kebetulan pernah mencicipi fasilitas Internet di Smart TV atau Internet TV, Anda pasti tertarik memilikinya. Sayang harga TV jenis ini masih terbilang mahal dibandingkan LCD TV yang “tidak pintar”. Dengan latar belakang itulah belakangan muncul produk yang disebut Android Box/Hub. Ini merupakan semacam Set-Top-Box (STB) yang pada dasarnya memanfaatkan sistem Android untuk mewujudkan aktivitas Internet di LCD TV biasa. Nah perangkat Veolo Smart Android Hub ini merupakan salah satu STB tersebut. 

Adalah produsen A.C.Ryan yang berinisiatif memunculkan Veolo sebagai solusi hiburan digital yang lebih cerdas di rumah. Namun ternyata, sistemnya bukan saja dipakai untuk melakukan aktivitas Internet. A.C.Ryan yang memang berpengalaman dalam bidang multimedia juga menyediakan fungsi multimedia di perangkat ini. Jadilah Veolo merupakan player sekaligus konsol Android yang mampu melengkapi kemampuan LCD TV agar lebih optimal bagi pengguna/pemirsanya.

Seperti juga player multimedia umumnya, Veolo menyediakan port input-output standar mencakup koneksi USB, HDMI, LAN, dan card reader. Fasilitas nirkabel internal pun turut disediakan agar akses Internet menjadi lebih praktis. Nah karena harus menjalankan sistem Android, Veolo juga mengusung komponen prosesor ARM Cortex-A9 berkecepatan 1 GHz plus memori 512 MB. Untuk sementara masih digunakan Android 2.2 (Froyo) yang terbilang paling stabil, namun dimungkinkan pula untuk meng-upgrade ke sistem Ice Cream Sandwich (Android 4.0) yang lebih baru.


Instalasi Veolo ke LCD TV amat mudah. Cukup koneksikan saluran HDMI dan saluran Internet (via LAN) di rumah lalu lakukan penyesuaian (pairing) antara remote dengan Veolo sesuai petunjuknya. Remote control ini terbilang unik karena berfungsi sebagai kontrol nirkabel, mouse, dan juga keyboard untuk melakukan input. Bagian belakang remote control memang berupa keyboard QWERTY seperti pada ponsel. Sambil browsing, Anda pun bisa mengetik naskah di TV melalui aplikasi pengolah dokumen.

Karena hanya menyediakan memori internal untuk sistem dan aplikasi Android, Anda sebaiknya menggunakan perangkat storage eksternal berkoneksi USB untuk meletakkan file multimedia (gambar, musik, video). Pengguna juga perlu membiasakan diri untuk menggunakan remote control yang menurut kami kadang tak berperan sebagaimana mestinya. Misalnya, kursor bertingkah tak semestinya saat mengeklik sebuah link atau tombol Enter di remote control yang justru tak melaksanakan proses search seperti halnya pada smartphone.

Sebagai player multimedia, fasilitas dan kemampuan Veolo sudah terasa saat menjalankan materi digital dalam beragam format. Sayangnya sebagai peranti Android, kemampuannya kurang optimal terutama pada ketiadaan Market yang diperlukan untuk mengunduh beragam aplikasi/game. Hal ini moga-moga akan diperbaiki pada update mendatang.

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...