Terima kasih banyak telah berkunjung.

Selamat datang di website: www.harisprasetyo.web.id

Friday, August 5, 2011

Review FujiXerox DocuPrint CP105b

Siapa bilang FujiXerox hanya menghadirkan perangkat cetak bagi segmen korporat saja?
Selain menghadirkan mesin cetak dengan bentuk yang besar, printer keluaran FujiXerox juga biasanya mahal karena berbanding lurus dengan kualitas. Tapi kini mereka mulai menawarkan perangkat cetak yang sedikit berbeda dengan dihadirkannya FujiXerox DocuPrint CP105b. Tapi di mana perbedaannya? 
Perbedaan mendasar terlihat dari bentuk fisiknya yang tergolong kecil untuk kelas printer laser warna. Bahkan MURI menetapkannya sebagai printer laser warna terkecil di dunia. Bentuk fisiknya ini berimbas pada ukuran toner yang kecil. Namun ini cukup untuk penggunaan SOHO yang aktivitas cetaknya lebih kecil dibanding korporat.
Rahasia dari bentuk fisiknya yang kecil adalah berkat dipakainya teknologi SLED (Self-Scanning Light Emite Diode) yang mulai diterapkan pada jajaran produk terbarunya. Sekadar mengulang, kelebihan teknologi ini yaitu mampu menghasilkan perangkat cetak berbasis laser dengan desain yang kecil dan menghasilkan penggunaan daya listrik yang lebih kecil.
CP105b menggunakan toner yang ramah lingkungan karena mampu menurunkan konsumsi energi hingga 20 persen berkat penggunaan EA (Emulsion Aggregation)-Eco toner. Toner yang digunakan juga mampu mengurangi emisi CO2 hingga 35 persen dibandingkan toner generasi sebelumnya. Satu yang menjadi kekurangan adalah toner yang digunakan. Saat kami buka, bubuk pada toner terlihat sedikit berceceran pada tempatnya.
Bersenjatakan prosesor 192 MHz dan memori 64 MB, printer ini tergolong “kalem” saat mencetak. Waktu cetaknya memang tidak segesit printer laser kebanyakan. Pengiriman perintah ke printer berjalan agak lambat, untungnya tidak berisik.
Tapi yang paling kami sukai yaitu hasil cetaknya yang didapat. Cetak berbasis teks menggunakan modus BW maupun warna menampilkan hasil yang tajam dan solid hingga font terkecil bisa terbaca dengan jelas dan tetap rapi. Dokumen berbasis gambar, grafik, serta teks ditampilkan secara akurat.
Kami mencoba mencetak modus gambar berukuran A4 secara penuh. Ternyata warna-warna yang dihasilkan terlihat cerah dengan gradasi yang halus layaknya foto. Hasil cetaknya memiliki lapisan lilin sehingga lebih tahan lama

Fitur
Sebenarnya perangkat cetak laser berukuran kecil sudah mulai banyak beredar. Hanya saja, khusus untuk FujiXerox hal ini tergolong unik karena selama ini selalu menyasar segmen korporat dengan perangkat berukuran besar. Namun yang paling kami sukai yaitu kualitas cetaknya yang jempolan.

Tabel Uji
Kecepatan
5 halaman
FPOT (1 halaman)
Teks mono
41 detik
17 detik
Teks warna
42 detik
17 detik
Teks+grafis
45 detik
25 detik
Gambar A4 (JPG)
1 mnt 12 dtk
45 detik

Spesifikasi Fujixerox Docuprint CP105b
Metode cetak
Laser warna
Resolusi
1200x2400 dpi
Memori
64 MB
Interface
USB 2.0
Network Support
Tidak ada
Kinerja
20.000 lembar/bulan
Sistem operasi
Windows XP/2003/Vista/2008/7, Mac OS 10.4.11 keatas
Paper input
150 lembar
Jenis kertas
Plain, Plain-thick, Recycled, Labels, Covers, Coated, Envelope, Postcard, Pre-printed paper
Dimensi (plt)
39,4x23,4x30,4 cm
Berat
11 kg
Konsumsi listrik (save/standby/print)
5/66/285 watt
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp2.250.000
*Astragraphia, (021) 390-9190, 390-9444, Minggu pertama Mei 2011 

Dukung duplex
Bagian belakang bisa digunakan untuk mengatasi masalah paper jam. Ini ditambah pula keberadaan paper fed roller yang mendukung modus duplex.







Gampang tercecer
Toner
terdiri dari warna cyan, yellow, magenta dan black (CMYK) berukuran pendek. Saat dibuka, terlihat bubuk yang gampang tercecer. 








Indikator toner
Setiap proses cetak berlangsung, kapasitas toner selalu ditampilkan sehingga pengguna lebih mudah memantaunya. 








Plus     : Hasil cetak berbasis teks maupun gambar memukau; bentuk kecil dan praktis; feature ramah lingkungan; cover belakang untuk solusi paper jam.
Minus : Tidak ada dukungan untuk Linux; waktu cetak agak lama; bubuk toner mudah tercecer.

Skor Penilaian
- Kinerja              : 4,3   
- Fasilitas           : 3,75
- Penggunaan    : 4
- Harga               : 4, 5
- Skor Total        : 4,12

No comments:

Post a Comment

Komentar Diperlukan Untuk Bila Kurang Paham Atau Ingin Bertanya Seputar Artikel Yang Dibaca...